You are currently viewing Kemah Ukhuwah :Spirit di Akhir Tahun 2023

Kemah Ukhuwah :Spirit di Akhir Tahun 2023

  • Post author:
  • Post category:Kegiatan

SMP IT Abu Bakar Fullday School melaksanakan Kemah Ukhuwah Lomba Tingkat I yang dilaksanakan bertepat di akhir tahun 2023 yakni pada tanggal 22 -24 Desember 2023. Lokasi perkemahan terletak di Bumi Perkemahan Jaka Garong, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemah Ukhuwan tahun pelajaran 2023/2024 ini diikuti oleh peserta didik Ikhwan dan Akhwat Kelas 7 dan Kelas 8, yakni Kelas 7K, 7J, 8I, dan 8J.

Kegiatan Kemah Ukhuwan kali ini mengusung tema “Berjiwa Pemimpin, Berakhlak Qur’ani , Unggul Dalam Teknologi”. Tema ini tentunya sesuai dengan kondisi perubahan zaman di era globalisasi ini. Sebagai generasi milenial siswa-siswi hendaknya dibekali dengan soft skill yang mumpuni salah satunya ialah Leadership. Selain itu siswa-siswi diharapkan mampu mendekatkan diri kepada Al-Qur;an, mampu mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Kitab Suci Al-Qur’an. Dan tentunya di era kemajuan zaman seperti sekarang ini siswa-siswi SMP IT ABY FDS Yogyakarta harus  mampu menggunakan teknologi dengan baik sesuai dengan tuntutan zaman.  

Kegiatan Kemah Ukhuwah dimulai pada hari Jumat 22 Desember 2023. Pada siang hari menjelang Ashar dilaksanakan kegiatan Upcara Pembukaan, dalam kegiatan Upacara Pembukaan ini yang bertugas sebagai Pembina yakni Kepala Program SMP IT Abu Bakar Fullday School, Ustad Saikhul Anwar S.Pd, dalam sambutannya beliau mengungkapkan pentingnya melatih ukhuwah, melatih kekompakan tim untuk persiapan bekal hidup di masa depan. Salah satu caranya ialah dengan mengikuti rangkaian kegiatan yang ada di Lomba Tingkat Kemah Ukhuwah 2023 ini. Pada malam hari tanggal 22 Desember 2023, dilaksanakan upacara pelantikan penggalang oleh Kakak Pembina, sekaligus dilanjutkan Upacara Api Unggun.

Pada Hari kedua sabtu, 23 Desember 2023, agenda dimulai dari pagi hingga malam hari meliputi senam pagi, penjelajahan, dan berbagai lomba-lomba yang wajib diikuti oleh masing-masing regu. Dan pada malam hari, dilaksanakan pentas seni yang ditampilkan oleh masing-masing regu.  Keseruan sangat terjadi dalam kegiatan ini, masing-masing regu berusaha menampilkan yang terbaik. Pada hari ketiga, minggu, 24 Desember 2023 kegiatan ditutup dengan acara outbound yang sangat dinikmati oleh semua siswa-siswa. Dan pada siang hari dilaksanakan upacara penutupan sekaligus pengumuman pemenang dan pembagian hadiah. Dengan diadakannya Kemah Ukhuwah ini diharapkan lahir sosok pemimpin masa depan yang mampu menjadi tulang punnggung Agama dan Bangsa yang mampu memadukan duniawi dan akhirati. Mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Qur’ani dan juga mampu berselancar berdakwah di tengah gempuran arus globalisasi.

Kontributor: Ustadz Surya Volta