You are currently viewing Semarak Kemerdekaan Indonesia (SEMAKI) Ke-79

Semarak Kemerdekaan Indonesia (SEMAKI) Ke-79

  • Post author:
  • Post category:Kegiatan

Yogyakarta – Senin, 19 Agustus 2024. SMPIT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta mengadakan perayaan kemerdekaan Indonesia ke-79. Agenda ini di awali dengan upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia di lapangan SMPIT Abu Bakar Fullday School. Bertindak sebagai pembina upacara Tyas Akbar Gumilar, M.Pd. Dalam sambutannya, menyampaikan kepada seluruh siswa untuk mengisi kemerdekaan Indonesia dengan menjadi pribadi yang berkarakter pancasila. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dalam setiap kesempatan. Selain itu siswa dan siswi SMPIT Abu Bakar Fullday School haruslah memiliki kegigihan untuk senantiasa belajar. Karena pada hakikatnya belajar adalah aktifitas sepanjang hayat, untuk terus berproses menjadi pribadi yang lebih baik hingga ajal menjemput. Pembina juga memberikan apresiasi terhadap petugas upacara yang telah berhasil menjalankan kegiatan upacara dengan baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang penanggulangan kenakalan remaja oleh Bhabinkamtibmas Polsek Umbulharjo. Dalam kesempatan tersebut Tri Atmoko selaku Bhabinkamtibmas menjelaskan kepada seluruh siswa untuk berhati-hati dalam memilih teman. Karena pelanggaran atau kriminalitas diawali dari pengaruh teman yang tidak baik. Kenakalan remaja meliputi banyak hal, mulai dari pergaulan bebas, minuman keras, narkoba hingga tindak penganiayaan yang tidak jarang menimbulkan korban jiwa. Perilaku seperti ini dapat dikenai sanksi pidana. Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh siswa menghindari keluar malam atau kegiatan nongkrong yang tidak jelas kepentingannya.

Acara kemudian dilanjutkan penyampaian sosialisasi Kesehatan Lingkugan dari LSM Lingkungan hidup. Dalam kesempatan ini, relawan menyampaikan kepada seluruh siswa agar menjaga lingkungan khususnya di sekolah dan di rumah. Sekolah Hijau atau green school harus digalakan kembali. Meminimalisir penggunaan plastik menjadi solusi, agar sampah plastik khususnya di Jogja dapat tertangani. Di lansir dari green.katadata.co.id Masyarakat Indonesia, konsumen mikroplastik terbanyak, menelan sekitar 15 gram mikroplastik per bulan – setara dengan tiga kartu kredit – dengan sebagian besar partikel plastik berasal dari sumber air seperti ikan dan makanan laut.

Sebelumnya, pada Jumat, 16 Agustus 2024 SMPIT Abu Bakar Fullday School mengadakan lomba-lomba Semarak Kemerdekaan Indonesia (SEMAKI). Kegiatan SEMAKI dilaksanakan di Lapangan Kenari. Seluruh siswa dan guru terlibat dalam kegiatan ini. OSIS sebagai inisator kegiatan ini mejalankan perannya dengan baik. Sejumlah perlombaan, seperti tarik tambang, balap karung, pingsut injak kardus, sepak bola, pecah air, minecraft building, desain poster, videografi dan fotografi berlangsung sangat meriah.

Oleh: Akbar Gumilar