Awalnya Pesimis, Kini Hafal 10 Juz

Awalnya Pesimis, Kini Hafal 10 Juz

Belum lama ini SMPIT Abu Bakar Fullday School menganugerahkan piagam penghargaan kepada dua siswa yang berhasil menyelesaikan hafalan 10 juz. Penghargaan diserahkan pada Selasa (8/12) di halaman sekolah yang berlokasi di Semaki, Umbulharjo itu. Salah seorang siswa yang mendapatkan penghargaan ini bercerita mengenai perjuangannya dalam menghafal Al Quran.

Berawal dari munculnya rasa pesimis dan tidak percaya diri, kini Dhiazudni Al Farisi berhasil menyelesaikan target hafalan 10 juz mulai juz 10 hingga juz 1. Siswa kelas 9A ini mengungkapkan bahwa motivasi dari orang-orang terdekat sangatlah penting dalam proses menghafal Al Quran. Dia juga mengatakan ingin menjadi pribadi yang lebih baik dengan menghafal Al Quran.

Siswa yang akrab disapa Alfa ini kemudian menuturkan kiat-kiatnya dalam menghafal Al Quran. Manajemen waktu yang baik menjadi kunci utama.

“Saya biasa menambah hafalan setelah menyetorkan hafalan. Jadi, menggunakan waktu yang tersisa dengan sebaik-baiknya karena suasananya masih sangat kondusif untuk menghafal. Kalau di rumah biasanya menghafal setelah sholat maghrib, setelah sholat isya dan sebelum atau setelah sholat shubuh,” tutur Alfa.

Ketika disinggung mengenai rasa bosan dalam menghafal, Alfa tak memungkiri adanya keinginan untuk refreshing ketika muncul rasa jenuh dalam menghafal Al Quran.

“Saya biasanya main game hanya ketika benar-benar butuh hiburan. Tetapi jika tidak butuh dan tidak terlalu penting sebisa mungkin saya hindari dan tinggalkan,” katanya.

Alfa kemudian membagikan tips untuk menghafal Al Quran dengan mudah. Menurutnya, paling utama adalah memperbaiki niat dan tujuan menghafal Al Quran. Dia menjelaskan, ikhtiar dan do’a memohon kepada Allah SWT kemudahan untuk hafal Al Quran jangan sampai diremehkan. Alfa berharap, teman-temannya yang sedang menghafal Al Quran untuk menjaga semangatnya.

“InsyaAllah kalian bisa melebihi target yang diinginkan dan semoga hafalan Al Quran kalian bermanfaat bagi orang-orang sekitar dan Allah SWT meridhai kalian,” harap Alfa. (*)