Seminar IT #1: Membuat Game Sederhana Menggunakan Aplikasi Scratch

SMPIT Abu Bakar Fullday School menyelenggarakan Seminar IT dengan tema “Membuat Game Sederhana Menggunakan Aplikasi Scratch” pada hari Sabtu, 9 Februari 2019. Seminar yang dilaksanakan di Musholla Ikhwan SMPIT Abu Bakar Fullday School diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMPIT Abu Bakar Fullday School. Pembicara pada seminar IT #1 diisi oleh Ardi Baskoro dari PT. Gamatechno Indonesia.

Seminar IT #1 ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, Ardi memaparkan sejarah dan bidang dari dunia IT, dilanjutkan penjelasan kiat-kiat cara masuk ke dunia IT. Sedangkan pada sesi kedua, Ardi memberikan training pada siswa bagaimana membuat game sederhana menggunakan aplikasi Scratch. Game yang dibuat pada training ini merupakan game single player dengan tantangan pemain harus menghindari benda yang berjatuhan untuk mendapatkan poin, sedangkan apabila nyawa habis maka terjadi game over.

“Membuat game menggunakan aplikasi Scratch menyenangkan, cara mas Ardi menjelaskannya pun juga dengan bahasa yang asyik”, ujar Falah salah satu siswa VII.

Aliyudin, S.Pd.I., Kepala Sekolah SMPIT Abu Bakar Fullday School menyampaikan, seminar ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan semangat siswa dalam mempelajari dunia IT, sehingga kedepannya para siswa sudah memiliki bekal untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Leave a Reply