Wujudkan Generasi Qurani dengan Dauroh Quran Masa Kini

“Every Day with Quran”

Yogyakarta, 28 September 2019 sekolah melaksanakan kegiatan Dauroh Quran di Laboratorium Agama Masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan dari tim quran SMPIT Abu Bakar Fullday School, untuk menunjang dan mendorong siswa agar senantiasa mengingat quran. kegiatan tersebut dilaksanakan demi kemaslahatan warga sekolah terutama siswa-siswi Abu Bakar.

Merefresh ingatan sembari menambah hafalan quran dengan bersilaturahmi di tempat dan suasana baru, tentunya akan memacu setiap pribadi untuk lebih kompeten dalam memaknai quran. Memotivasi siswa agar tidak hirau dengan quran dan senantiasa mengamalkannya, bukanlah hal mudah bagi para pendidik Abu Bakar. Tetapi dengan adanya saling gotong royong dan munculnya rasa saling empati, maka beratnya amanah yang terpikul akan dengan ringan dijalani.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 & 8 SMPIT Abu Bakar Fullday School. Acara diawali dengan taujih dari Ustadz Akbar yang berisi motivasi menghafal dengan menjaga hafalan agar tetap istiqomah. Setiap siswa menyelesaikan kekurangan hafalan untuk mempersiapkan ujian 1 juz.

Sejatinya segala gerak gerik aktivitas kita adalah ibadah kepada Allah. Begitupun pancaindra yang kita miliki, semua beribadah dan semua akan dihisab di hari akhir. Salah satunya mata, Allah berikan manusia mata bukan hanya untuk melihat, Allah berikan telinga bukan hanya untuk mendengar, Allah berikan mulut bukan hanya untuk berbicara. Karena jika hanya untuk demikian maka sama halnya dengan kambing atau sejenisnya yang juga memiliki pancaindra. Binatang diberikan pancaindra agar dimanfaatkan untuk bertahan hidup, tanpa dihisab. Sedangkan manusia diberikan pancaindra untuk mengamalkan, beribadah, dan menjunjung tinggi agamaNya.

“ … Karena sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.” [QS. Al-Isra:36]

Dengan demikian, kegiatan dauroh quran ini dibentuk agar para pendidik dan peserta didik senantiasa berkorelasi dalam hal kebermanfaatan dan beribadah kepadaNya. Memanfaatkan segala gerak tubuh (salah satunya pancaindra) untuk beraktivitas mendekatkan diri kepadaNya. Mengenal quran, memahami quran, dan mengamalkan quran “every day with quran”.

Leave a Reply