You are currently viewing Alarm berbunyi! Simulasi gempa di SMPIT Abu Bakar Full Day School

Alarm berbunyi! Simulasi gempa di SMPIT Abu Bakar Full Day School

Mitigasi Bencana Alam (BMKG Goes to School) dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Januari 2023, pukul 09.00-11.30 WIB. Kegiatan ini berlangsung di musala ikhwan dan lapangan badminton SMPIT Abu Bakar Full Day School. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan ustaz-ustazah SMPIT Abu Bakar Full Day School, serta pihak dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) selaku pemateri dalam kegiatan ini.

          Kegiatan ini ditujukan agar siswa mengetahui tentang bencana alam gempa dan tsunami, serta untuk mengurangi korban apabila terjadi gempa dan tsunami.

Kegiatan ini dimulai dengan tilawah yang dibacakan oleh Razi (salah satu siswa), dilanjutkan sambutan oleh Ustaz Mahmud Sulani, setelah itu acara inti berupa penyampaian materi dari BMKG. Setelah mendengarkan penjelasan dari BMKG, dilanjutkan dengan simulasi jika gempa bumi. Setelah simulasi selesai, seluruh siswa foto bersama dengan petugas BMKG. “Acara ini sangat bermanfaat, mengingat usia gedung sekolah yang cukup lama, diharapkan siswa dan siswi dapat siap apabila terjadi bencana alam gempa dan tsunami”.  Tutur Ustazah Sa’adah Tri Wijiastri, kepala program SMPIT Abu Bakar Full Day School.          Indonesia merupakan negara yang rawan gempa, oleh sebab itu program mitigasi bencana alam dilaksanakan untuk mengedukasi seluruh dan para guru. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti acara BMKG Goes to School. (Danish Adelio & Hikmawan Rahmat)