You are currently viewing Rayakan Idhul Adha Penuh Hikmah

Rayakan Idhul Adha Penuh Hikmah

  • Post author:
  • Post category:Artikel

Tabuh berbunyi gemparkan alam yang sedang gelap sunyi. Gema takbir mengiringi semburat fajar dari ufuk timur. Takbir saling bersautan dari segala penjuru menunjukkan rasa syukur dan suka cita menyambut hari agung perayaan hari besar umat muslim di dunia. Bulan Dzulhijah adalah bulan bulan umat muslim sedang melaksanakan ibadah haji. Ibadah Haji diidentikkan dengan perayaan idul adha, di tandai dengan 10 Dhzulhijjah di penanggalan hijiriah. Seluruh umat muslim memeringati Idul adha yang ditujukan dengan semangat pengorbanan, puji , dan syukur terhadap keagungan Allah Swt. Semarak Idhul Adha juga dirayakan di  SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Fullday School  dengan penuh hikmah dan khidmat.

Ustaz Ma’ruf (Guru BK) selaku ketua pelaksana sembelihan hewan qurban di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Fullday School saat diwawancarai di sela kegiatan sembelihan hewan qurban, meyampaikan ada 4 hikmah yang dapat dimaknai saat pelaksanaan idul qurban. Pertama, Ketaatan pada perintah Allah. Sebagai seorang hamba yang menjalankan perintah sesuai dengan contoh suri tauladan Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s. Kedua, sarana kendekatkan diri kepada Allah swt, berqurban memaknai adanya peristiwa pengorbanan yang dikarenakan Allah swt. Ketiga, Bentuk rasa syukur atas nikmat Allah yang banyak Sebagian harta yang dimiliki adalah sebuah titipan yang diberikan rasa syukur ditunjukkan dengan adanya kemauan untuk menyisihkan harta untuk  dikorbankan sebagai bentuk persembahan rasa syukur atas nikman yang didapatkan. Keempat, melatih hati untuk ikhlas dan tidak cinta dunia. Hewan qurban yang telah disembelih ditandai sebagai harta yang diqurbankan atas perintah Allah swt. Kelima, bentuk kepedulian ukhuwah dengan sesama, sikap empati yang ditujukkan dengan saling bersama dan berbagi daging hewan qurban untuk saling membantu memenuhi kebutuhan hidup

SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Fullday School  menghimpun dan melaksanakan sembelihan hewan qurban 2 sapi dan 1 kambing. Sohibul qurban yang berasal dari orang tua wali dari siswa dan anggota komite sekolah .

Sapi pertama, berasal dari sohibul qurban

  1. Oktia Indah Putranti Rustyasningrum binti Roes Wardjito / Adnan Munif kusuma (8I)
  2. Tetrawindu Agustiono Hidayatullah / Baasith Naradipa H. (8I)
  3. Bramastya khadafi Sinar Arrayan (7I)
  4. Annisa Mutiara Farras Zibrij binti Akhmad Nurkholis (8J)
  5. Humaira Azmi Sulthony (8J) binti Sulthony Hartanto
  6. Maraville Arkaan Putra Darmawan (7I)
  7. Raditya Rasyadul Ihsan bin Purwanto (9I)

Sapi Kedua, berasal dari sohibul qurban

  1. Bapak Heri Setyanto dan keluarga.
  2. Harumi Iring P (Radin/9I)
  3. Fauzan Abdurrahim
  4. Sausan khalisha (8J)
  5. Keluarga Alm. Bp. Tuchri/Rasikh Akmal (eks-9i)
  6. Nabila Diah Puspita binti Sumardi (eks-9J)
  7. Kayla Khairunnisa binti H. Sudjadi (8 J)

Kambing, dari Bapak Muhammad Wildan Mirza

Sembelihan yang dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 30 Juni 2023, menyembelih sapi yang kedua. Berlokasi di RT 02 Sanansari, Srimartani Piyungan Bantul. Menyembelih sapi  yang dibagikan untuk warga sekitar yang terdapat sebanyak 120 KK yang menerima paket daging sapi. Kemudian menyembelih Kambing yang dilaksanakan berlokasi di TKIT Mu’adz Bin Jabbal Ketandan. Di hari Sabtu, 01 Juli 2023. Menyemembelih Sapi yang pertama, berlokasi di Lapangan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Fullday School.  Daging kemudian dibagikan kepada penerima manfaat sebanyak 93 KK. Berkah daging yang dapat memberikan manfaat kepada warga sekitar dan saling menumbuhkan kesejahteraan sosial di desa binaan dan warga sekitar sekolah. Mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah antar umat muslim. Bentuk kesyukuran dan ketaatan dari segenap keluarga SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Fullday School  sesuai dengan perayaan idhul adha yang penuh hikmah dan berkah.

Oleh: Ustadz Nizar selaku kontributor