You are currently viewing MABIT DI SMAIT ABU BAKAR: Boleh Kerja Keras, Ibadah Tetap Prioritas

MABIT DI SMAIT ABU BAKAR: Boleh Kerja Keras, Ibadah Tetap Prioritas

  • Post author:
  • Post category:Kegiatan

Jum’at-Sabtu, 6-7 Oktober 2023 SMPIT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta mengadakan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di SMAIT Abu Bakar Kota Yogyakarta dan SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. MABIT putri dilaksankan di Asrama SMAIT Abu Bakar Kota Yogyakarta yang terletak di Jomblangan. Sementara MABIT putra dilaksankan di SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Siswa putri berangkat dari kampus SMPIT Abu Bakar Fullday School pada pukul 13.00 dan siswa putra berangkat pada pukul 13.30.

Tema MABIT kali ini berkaitan dengan ibadah. Hal ini dilakukan mengingat siswa perlu memahami hal-hal yang dapat membatalkan atau tidak sahnya ibadah khususnya shalat. Siswa usia SMP seringkali perlu mendapat pendampingan yang intensif terutama dalam bab shalat. Walaupun pada dasarnya mereka sudah memahami namun seringkali mengabaikan dan hanya ingin mengugurkan kewajiban shalat saja, tanpa tahu bahwa beberapa gerakan dapat mengurangi nilai, mengakibatkan batal atau tidak sahnya shalat.

Tema MABIT putra kali ini “Boleh Kerja Keras, Ibadah Tetap Prioritas”. Harapannya dengan tema ini, siswa tetap memprioritakan ibadahnya sebelum melakukan pekerjaan lain. Atau meniatkan segala sesuatu dengan ibadah, agar apa yang dikerjakan dinilai Allah SWT. sebagai ibadah,  mendapatkan pahala dan diridhai oleh Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.,  “Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kegiatan MABIT putra diawali dengan shalat Ashar dan disambut langsung oleh Kepala SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo, ustad Salim, M.Pd. Kegiatan MABIT ini meliputi praktik sablon kaos, pencetakan pin dan gantungan kunci yang diisi oleh ustad Ziyad selaku guru prakarya SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Selain itu ada kajian tentang shalat. Kegiatan ini membahas rukun-rukun shalat, syarat sah dan wajibnya serta hal-hal yang membatalkan shalat. Kajian ini diisi langsung oleh Ustad Salim. Setelah siswa diajak oleh kakak-kakak SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo untuk tour room di lingkungan sekolah. Tujuannya siswa agar lebih mengenal SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo dan berminat untuk melanjutkan jenjang sekolahnya disana.

Di pagi hari siswa SMPIT Abu Bakar Fullday School mengadakan olahraga yang memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada di SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Diantaranya adalah volly, mini soccer, basket dan renang. Siswa mengaku antusias dan bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MABIT. Kemudian kegiatan tersebut ditutup dengan pemberian pengharagaan bagi peserta tilawah terbanyak dan juara umum lomba olahraga. Acara diakhiri pada pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan pulang ke kampus SMPIT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta.