You are currently viewing Empat Siswa Terbaik Dilantik Menjadi Pramuka Garuda

Empat Siswa Terbaik Dilantik Menjadi Pramuka Garuda

Yogyakarta – Selasa, 13 Agustus 2024. Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Pemberian Tanda Pramuka Garuda. 124 orang Golongan Penggalang, 6 orang Golongan Penegak dan 1 orang Golongan Pandega menganugerahkan tanda Pramuka Garuda di Graha Pandawa Balaikota Yogyakarta. Total sebanyak 174 orang telah dilantik. Diantaranya siswa SMPIT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta, yaitu Muhammad Azzam Fauzul Akbar, Luthfi Aulia Rahman, Arsan Yusuf Maulana dan Ahmad Dzaky Farizky. Dibanding dua tahun lalu, jumlah Pramuka Garuda tahun ini meningkat.

Kakak Heroe Poerwadi, M.A. selaku Ketua Kwartir Cabang Kota Yogyakarta menuturkan rasa bangga nya kepada adik-adik yang ikut serta dan berhasil dalam mencapai Pramuka Garuda. Ia juga mengharapkan Pramuka Garuda semakin tahun akan semakin banyak agar Kwatir Cabang Kota Yogyakarta bisa menjadi percontohan bagi Kwarcab lain dalam menghasilkan Pramuka Garuda.

Arsan Yusuf Maulana salah satu peserta Pramuka Garuda merasa bangga dan terhormat ikut bagian dalam kegiatan ini. Harapannya adik-adik kelas nanti dapat mengikuti jejaknya menjadi Pramuka Garuda. Arsan juga termasuk salah satu siswa yang diundang ketika upacara kemerdekaan 17 Agustus 2024 di Balaikota Yogyakarta.

Sebelumnya, seluruh siswa ini telah mengikuti penilaian keterampilan Untuk Calon Pramuka Garuda, yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Ambarbinangun, Bantul, Yogyakarta, 10-11 Agustus 2024.  Sebanyak 177 orang calon dinyatakan lolos dalam tahap tersebut. 177 orang calon pramuka garuda ini terdiri dari 43 Siaga, 126 Penggalang, 7 Penegak, dan 1 Pandega. Adapun penilaian keterampilan yang telah direncanakan meliputi, komunikasi lapangan; Simpul, Ikatan, dan Jerat; Bahasa Inggris; Masak Darurat; Olahraga; Peta Lapangan; Hasta Karya; serta Pengetahuan Umum Kepramukaan dan Kebudayaan

Oleh: Akbar Gumilar