Antusiasme Warga Abu Bakar Sambut HUT Kota Yogyakarta Ke-263

Yogyakarta, 4 Oktober 2019 segenap civitas SMPIT Abu Bakar Fullday School laksanakan agenda bersih sekolah dalam rangka menyambut HUT Kota Yogyakarta Ke-263. Kegiatan bersih sekolah ini mengangkat tema: “Bersih Sekolahku, Cerah Masa Depanku”. Riuh semangat suka cita para siswa/siswi berhamburan membersihkan sudut-sudut sekolah. Sesungging senyum merekah di wajah mereka, ketika bersama memaknai apa arti ‘gotong royong dalam dekap ukhuwah’.

Melatih dan membimbing anak didik belajar bekerja,belajar bergotong royong, belajar berusaha, dan belajar mandiri merupakan sifat qadirun ‘alal kasbi (kemandirian dalam bekerja). Oleh karena itu, anak didik hendaklah terbiasa dilatih dan ditransfer berbagai pengalaman kerja. Menjauhkan dari pemikiran untuk bermalas-malasan, ketidakmandirian/ketergantungan, manja, dan mudah putus asa. Salah satunya yakni dengan menggerakkan kegiatan bergotong royong bersih sekolah.

Setiap anak didik diberikan amanah masing-masing untuk membawa alat kebersihan dan penempatan kerja. Melatih untuk bertanggung jawab atas amanah yang diberikan, dan saling bekerja sama dalam kebaikan. Para guru dan karyawanpun juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih sekolah tersebut. Senantiasa mengawasi dan membimbing anak didik agar sholih berprestasi.

“Sesungguhnya Allah mencintai orang mukmin yang bekerja.” [HR. Thabrani, Baihaqi dan Al-Mundziri dari Ibnu Umar r.a.)

Leave a Reply