Classmeet Online, Tetap Kreatif dari Rumah

Classmeet Online, Tetap Kreatif dari Rumah

  • Post author:
  • Post category:Kegiatan

Sebagai penutup akhir semester, OSIS SMPIT Abu Bakar Fullday School (osis smpitabyfds) kembali mengadakan class meeting tepatnya pada Selasa (15/12). Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu sebagai ajang lomba antar kelas yang mampu menambah keakraban antar peserta didik sekaligus wadah untuk menyalurkan minat dan bakat.

Mengingat kondisi pandemi covid-19 yang tak kunjung usai menjadikan penyelenggaraan class meeting kali ini memiliki tantangan tersendiri, baik dalam perancangan maupun pelaksanaan kegiatan. Class meeting yang biasanya dilakukan secara offline atau secara langsung di sekolah, kini mau tidak mau harus diadakan secara online.

Jovian Aurizha Suwito sebagai Ketua OSIS Periode 2020/2021 menyampaikan, “Menurut saya perbedaan dari offline dan online cukup mempengaruhi jalannya acara tersebut. Faktor seperti sinyal yang kurang bersahabat contohnya, kita jadi khawatir ada lag atau gangguan saat live streaming yang tentunya akan mengurangi keseruan dari class meeting. Selanjutnya, lokasi rumah saya yang jauh dari perkotaan juga cukup menyulitkan dalam koordinasi dengan teman-teman. Tetapi kita tetap harus bersyukur atas rahmat Allah swt karena masih diberi kesehatan dan masih dapat berkomunikasi dengan teman-teman kita walaupun sebatas menatap layar.”

Sesuai dengan kondisi yang ada, osis smpitabyfds mencoba mengembangkan ide cabang lomba yang mampu meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berkreativitas dari rumah masing-masing dengan mengangkat tema “Kreativitas di Masa Pendemi”. Cabang yang dilombakan yaitu terdiri dari lomba poster, puisi, fotografi, videografi, dan game berupa tebak gambar menggunakan gartic.io.

“Lomba garticnya seru, menyenangkan, melatih otak, dan asyik karena bisa bermain bersama-sama. Walaupun class meetingnya online tidak mengurangi semangat untuk mengikuti lomba-lombanya”, ujar Falsa Aqly Abdullah sebagai testimoni peserta sekaligus pemenang lomba gartic. (*)