Kiat Belajar di Usia Muda

Mengapa kita harus repot-repot belajar? Apa tujuan kita sekolah? Banyak yang mengatakan tujuan kita belajar di sekolah yaitu mendapat ilmu, agar pintar, dan lain-lain. Namun, tujuan sekolah yang sebenarnya untuk mengenalkan kita dengan tanggung jawab. Bertanggung jawab atas semua karunia dengan mengembangkan kemampuan kita. Bagaimana cara kita bersyukur atas karunia-Nya? Dengan mencari ilmu lewat membaca.

Kadang memang banyak orang yang malas untuk membaca. Namun, dengan bertanya akan suatu hal yang tidak kita ketahui, maka akan ada rasa penasaran muncul dari pertanyaan itu, dengan rasa penasaran tersebut membaca akan dibutuhkan untuk menghilangkan rasa penasaran tadi.

Pengetahuan tidak semata hanya dari membaca, tapi juga dengan cara melihat tindakan orang lain. Pengetahuan juga bermanfaat bagi orang lain, tindakan kita akan memunculkan suatu tindakan ke orang lain juga.

Kadang saat kita belajar, ada suatu kendala. Salah satu kendalanya yaitu masalah mood. Apa itu moodMood adalah suasana hati yang dapat mempengaruhi tindakan kita.

Cara memperbaiki mood kita agar tidak menjadi kendala saat kita belajar antara lain adalah:

  1. Memastikan bahwa kita mencintai proses belajar. Kita dapat membangkitkan rasa cinta kita terhadap proses belajar dengan cara membiasakan.
  2. Meminimalisasi situasi yang membuat kita badmood.
  3. Tumbuhkan sesuatu yang bisa membuat kita bergerak.
  4. Melatih kesabaran.
  5. Membangun iklim positif bersama teman-teman.
  6. Selalu berpikir positif terhadap segala hal.

Bagaimana belajar cara belajar?

  1. Kenali situasi yang paling cocok untuk belajar.
  2. Mengerti bagaimana sebuah proses evaluasi berjalan.
  3. Menikmati proses belajar.

Ditulis oleh Aisya Qurrota Aina, dalam acara Achievement Motivation Training (AMT) SMPIT Abu Bakar Fullday School.

Leave a Reply