You are currently viewing Tips Manajemen Waktu dan Diri agar Menjadi Pribadi Berprestasi

Tips Manajemen Waktu dan Diri agar Menjadi Pribadi Berprestasi

  • Post author:
  • Post category:Artikel

Prestasi membutuhkan perjuangan tanpa henti dan kemauan untuk mengikuti proses. Orang-orang sukses pasti menghadapi banyak kesalahan selama perjalanan menempuh tujuan dan senantiasa menghadapi tantangan yang ada. Mereka akan terus berjuang, bekerja keras dan memiliki keyakinan bahwa mereka bisa mencapai impian yang diinginkan.

Jika kita ingin membuat sebuah perubahan besar dalam hidup, langkah awal yang harus kita lakukan adalah “mengatur waktu”. Kita dapat mengatur waktu agar lebih bermanfaat, efisien dan produktif. Satu di antara ciri orang hebat adalah pintar dalam mengelola waktu. Meski mereka memiliki banyak kegiatan, tetapi waktunya selalu dimanfaatkan secara produktif.  Manajemen waktu ini sangatlah penting. Siapa saja yang mengetahui bagaimana mengelola waktu, maka dia akan mengetahui bagaimana cara mengelola hidup. 

Pertama, disiplinkan diri dalam mengatur waktu. Sering kali kendala terbesar itu muncul dari diri kita sendiri. Seperti kurang cekatan dalam  menyelesaikan masalah, tugas atau pekerjaan. Dan sering menunda-nunda dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Jika kita ingin berubah maka mulailah dari saat ini. 

Kedua, kurangi hal-hal yang tidak bermanfaat yang hanya dapat menyita waktu kita dengan sia-sia. Buat daftar hal-hal penting, caranya mulailah membuat daftar agenda harian. Daftar ini bisa menjadi pengingat kita untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Dalam daftar agenda tersebut, tuliskan kapan dan berapa banyak waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikan setiap kegiatan yang akan kita lewati. Kemudian setiap hal penting yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu. Dimana kita memiliki waktu yang tepat dalam menyelesaikannya. Agar tersusun dengan rapi dan terencana dengan baik, jangan pernah meremehkan daftar agenda yang sudah kita buat. Selain itu, tuliskan juga waktu yang tidak terduga. Waktu yang tidak terduga dapat kita gunakan untuk menyelesaikan hal-hal yang berisiko memakan waktu banyak.

Ketiga, evaluasi harian. Setelah melakukan serangkaian aktivitas harian, maka perlu kita membuat evaluasi  harian kegiatan kita selama satu hari penuh. Periksa kembali daftar agenda yang sudah kita buat. Mana yang sudah terlaksana dengan baik? Mana yang masih belum sesuai dengan  rencana kita? Jika sesuai maka berikan penghargaan pada diri kita. Jika tidak sesuai, evaluasi dan analisa hal apa saja yang menjadi kendala. Kita harus  menanamkan dalam hati, pikiran, dan tindakan untuk bisa disiplin mengatur waktu. Diharapkan evaluasi harian ini dapat membuat kita lebih baik dan disiplin dalam mengatur waktu.  Selain itu, dapat menjadi bahan revisi, apa saja hal yang perlu diperbaiki dalam daftar agenda berikutnya.

Ditulis oleh Achmad Musa Nurhadi Kelas 9A, dalam acara Achievement Motivation Training (AMT) SMPIT Abu Bakar Fullday School.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments