You are currently viewing Workshop IT: Belajar Mengenal Figma
Salah satu hasil dari workshop IT: Mengenal Figma dalam program IDN Mengajar

Workshop IT: Belajar Mengenal Figma

  • Post author:
  • Post category:Kegiatan

Rabu, 8 November 2023, SMP IT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta mengadakan workshop IT. Tahun ini workshop IT SMPIT Abu Bakar Fullday School bekerjasama dengan IDN untuk membantu mengajar dalam program IDN Mengajar. Program ini menugaskan santri IDN untuk mengajar di sejumlah sekolah. Harapannya siswa mengenal tentang IT dan berminat serta semakin mendalaminya. Materi yang disampaikan adalah mengenal Figma.

Figma adalah aplikasi desain dan prototipe berbasis web yang menghubungkan semua tim dalam proses desain sehingga menghasilkan hasil yang terbaik. Misi Figma adalah membuat desain dapat diakses oleh semua orang. Kedua produk ini membantu orang-orang dari latar belakang dan peran berbeda mengekspresikan ide mereka secara visual dan mewujudkan sesuatu bersama-sama.

Desain Figma diperuntukkan bagi orang-orang untuk membuat, berbagi, dan menguji desain untuk situs web, aplikasi seluler, serta produk dan pengalaman digital lainnya. Ini adalah alat yang populer bagi desainer, manajer produk, penulis, dan pengembang dan membantu siapa pun yang terlibat dalam proses desain berkontribusi, memberikan umpan balik, dan membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat.

FigJam memungkinkan Anda membuat papan tulis online di mana siapa pun dapat ambil bagian. Orang sering menggunakan FigJam untuk rapat, bertukar pikiran, diagram, perencanaan, dan penelitian. Di FigJam, Anda dapat menggunakan teks, bentuk, gambar, gambar, catatan tempel, dan elemen lainnya untuk secara visual mewakili ide dan pekerjaan bersama.

Untuk materi yang diajarkan sebatas mendasain flyer menggunakan figma. Sekaligus mengetahui tools atau fitur yang tersedia di platform figma. Tenaga pengajar terdiri dari tiga santri dan satu guru pendamping, yaitu Fauzan Abdurrahman Syarif (Kelas 8), Rayhan Adi Fahriansyah (Kelas 9), Zainal Abidin (Kelas 8) dan Maulana Faris Naufal (Guru Pendamping). Tenaga pengajar ini mengajar kelas 7 putra dan putri, mulai dari pukul 07.30 hingga 15.00. Workshop IT ini disambut antusias oleh siswa dan kepala program berharap ini agar ditahun depan dapat bekerjasama kembali. Kegiatan IDN Mengajar ini menginspirasi SMPIT Abu Bakar Fullday School untuk dapat memaksimalkan potensi siswa agar semakin bermanfaat dan memberikan dampak positif ditengah masyarakat terutama dalam bidang IT.