Lawan Rasa Malasmu dengan Mengoptimalkan Potensi Diri

Kesuksesan adalah hal yang harus dicapai dengan kesungguhan dan pengorbanan. banyak orang yang hanya menilai orang lain dari luarnya dan saat berhasilnya saja. Tetapi usaha dan pengorbananlah yang harusnya diamati dan dinilai. Ada banyak cara untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan, di antaranya adalah dengan manajemen waktu dan diri.

Manajemen waktu atau bisa disebut pengendalian waktu agar setiap waktu yang di lewati menjadi lebih bermanfaat. Salah satu cara untuk mengatur manajemen waktu adalah menetapkan tujuan yang akan dicapai setiap sehari sekali, seminggu sekali, sebulan sekali, bahkan setahun sekali. Ada beberapa cara untuk menentukan tujuan, antara lain membuat jadwal rutin, membuat kegiatan yang bersifat bermanfaat, membuat tabel tujuan atau keinginan dan mencari quotes yang bisa memotivasi diri. 

Manajemen diri adalah mengatur diri sendiri agar bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang atau mengatur emosi, pikiran dan hati agar bisa berjalan seimbang untuk mencapai hal yang dituju atau diidamkan. Beberapa cara dapat kita lakukan untuk bisa mengatur diri dari jasmani maupun rohani, contoh manajemen jasmani adalah dengan olahraga dan makan–makanan yang bergizi. Contoh manajemen rohani adalah sholat, mengaji, berpuasa dan lain-lain. Manajemen diri ini bertujuan untuk melatih diri supaya lebih tertib dan disiplin untuk menghadapi kehidupan kedepannya.

Kendala dan kiat mengatasi masalah dalam memanajemen waktu dan diri

Ada beberapa orang yang mereka memiliki semangat untuk menjalani aktivitas dan tidak sedikit pula orang yang malas untuk melakukan aktivitas kesehariannya seperti kerja dan sekolah. 

Ada beberapa cara untuk mengalahkan sifat malas. Pertama, menentukan kita mau menjadi apa dan seperti apa di masyarakat. Apakah kita ingin menjadi sebuah sampah atau berlian. Kedua, membuat achievement dan punishment, ini akan membuat kita lebih bisa menghargai hidup untuk berusaha menjadi yang terbaik dan mengalahkan rasa malas yang begitu mematikan.

Selamat mengenal diri sendiri dan menjemput kesuksesan! 

Ditulis oleh Arva Navi Prasetya, dalam acara Achievement Motivation Training (AMT) SMPIT Abu Bakar Fullday School.

Leave a Reply